• Background Image

    Syarat dan Kriteria Mendapatkan Kredit Tanpa Agunan

Syarat dan Kriteria Mendapatkan Kredit Tanpa Agunan

Dewasa ini, banyak tersedia fasilitas untuk mendapatkan dana pinjaman yang ditawarkan baik oleh lembaga keuangan bank maupun nonbank dengan sejumlah syarat dan kriteria yang harus dipenuhi oleh calon nasabah. Salah satu fasilitas kredit yang mulai banyak dikenal di masyarakat adalah Kredit Tanpa Agunan dengan proses cepat dan mudah. Namun demikian terdapat sejumlah syarat dan kriteria untuk mendapatkan pinjaman tanpa agunan tersebut, yaitu sebagai berikut:

DAPATKAN PINJAMAN

Warga Negara Indonesia (WNI)

Untuk mendapatkan kredit tanpa agunan ini, calon nasabah harus berkewarganeraan Indonesia yang dibuktikan dengan memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP). Di samping itu, calon nasabah juga harus bertempat tinggal atau menetap di Indonesia.

Batas Usia Tertentu

Untuk dapat mengajukan pinjmanan jenis ini calon nasabah harus berusia minimal 21 tahun dan maksimal 60 tahun. Persyaratan usia tersebut dengan mempertimbangkan usia produktif masyarakat Indonesia pada umumnya yang berada pada rentang usia 21 tahun sampai dengan 60 tahun. Namun demikian, terdapat sejumlah lembaga yang memberikan toleransi dan kelonggaran untuk calon nasabah yang masih dalam usia 18 tahun. Pertimbangan lain adalah tingkat kedewasaan dan kemampuan calon nasabah terkait dengan tanggung jawab yang harus pikul. Sedangkan syarat maksimal usia 60 tahun karena pada umumnya yang sudah berusia diatas 60 tahun telah berhenti bekerja atau memasuki usia pensiun, sehingga dikhawatirkan mereka akan mengalami kesulitan dalam pembayaran angsuran pinjaman.

Jumlah Penghasilan

Jumlah penghasilan calon nasabah merupakan syarat utama untuk mendapatkan pinjaman tanpa agunan. Setiap daerah memiliki indeks biaya hidup masing-masing yang berbeda antara daerah yang satu dengan yang lain. Hal ini berpengaruh terhadap minimal penghasilan yang diperyaratkan pada tiap daerah. Pemerintah telah menetapkan standar pengupahan tenaga kerja sektor formal pada semua kabupaten dan kota di seluruh Indonesia. Jika Anda memiliki penghasilan standar atau UMR, maka besar kemungkinan pengajuan pinjaman Anda dapat disetujui.

Waktu Pinjaman dan Besaran Bunga

Tenor pinjaman tanpa pinjaman proses cepat dan mudah biasanya bersifat jangka pendek berkisar antara 15 dan 30 hari. Sedangkan nominal pinjaman yang diberikan antara 1 juta sampai dengan 2 juta rupiah. Selanjutnya biaya jasa layanan pinjaman yang dibebankan kepada nasabah adalah 1 % dalam sehari. Sebagai ilustrasi, jika nasabah memiliki pinjaman selama 15 hari maka biaya jasa pinjaman (bunga) yang ditanggung oleh nasabah adalah sebesar 15% dari pokok pinjaman. Selain biaya jasa pinjaman (bunga), nasabah juga akan dikenakan biaya keterlambatan jika nasabah mengalami keterlambatan dalam membayar angsuran yang besarnya bervariasi dalam tiap lembaga tergantung kebijakan masing-masing lembaga.
Selain itu, jika ada petugas lapangan atau kolektor melakukan penagihan ke rumah nasabah, maka dikenakan biaya penagihan sebesar 10% dari nominal pinjaman. Kemudian, ada juga biaya untuk pengajuan perubahan tenor pinjaman sebesar sekitar 150 ribu rupiah.

Melampirkan Slip Gaji

Kredit tanpa agunan proses mudah dan cepat cair sangat cocok untuk calon nasabah yang berprofesi sebagai karyawan tanpa perlu adanya agunan, kartu kedit, BPKB serta surat berharga lainya. Calon nasabah akan mendapatkan sejumlah kemudahan dalam pengajuan pinjaman. Yang utama, calon nasabah harus melampirkan surat keterangan kerja dan slip gaji terakhir yang telah dilegalisir dari perusahaan atau institusinya.
Demikianlah uraian ringkas terkait syarat dan kriteria mendapatkan kredit tanpa agunan dengan proses mudah dan cepat cair. Semoga narasi singkat ini dapat memberikan gambaran yang memadai dan bermanfaat bagi Anda yang membutuhkan dana pinjaman dengan proses mudah dan cepat cair.

DAPATKAN PINJAMAN